Hasil Belanda vs Jerman di UEFA Nations League

belanda-vs-jerman-asromaindo

Timnas Belanda berhasil mengalahkan timnas Jerman 3-0 pada laga UEFA Nations League di Stadion Johan Cruijff Arena, Sabtu (13/10/2018) atau Minggu dini hari WIB.

Tiga gol kemenangan Belanda dicetak oleh Virgil Van Dijk pada menit ke-30, Memphis Depay (menit ke-87), dan Georgini Wijnaldum pada masa injury time babak kedua.

Ini adalah kali pertama sejak 1992 Belanda menang dengan margin tiga gol di kompetisi resmi atas Jerman.

Hasil ini membuat Belanda kini menempati urutan kedua klasemen Liga A Grup 1 dengan koleksi empat poin. Sementara itu, Jerman berada di dasar klasemen setelah tidak pernah menang dalam dua laga atau dengan koleksi satu poin.

Dikutip dari situs resmi UEFA, timnas Jerman sebenarnya lebih menguasai pertandingan. Der Panzer memimpin penguasaan bola dengan 58 persen. Dari segi peluang, Jerman memiliki 13 yang 4 di antaranya mengarah tepat sasaran.

Adapun timnas Belanda mempunyai 11 kesempatan, di mana 5 menuju ke gawang. Gol yang ditunggu-tunggu suporter Belanda muncul pada menit ke-30. Virgil Van Dijk mencetak gol dengan sundulan memanfaatkan bola muntah dari Ryan Babel yang membentur mistar. Skor 1-0 untuk Belanda bertahan sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, Jerman terus berupaya mengukir gol. Keasyikan menyerang, gawang Jerman justru kemasukan dua kali di lima menit akhir laga. Melalui proses serangan balik cepat, Quincy Promes mengalirkan umpan datar brilian kepada Memphis Depay. Berada di kotak penalti, Depay sangat tenang memasukkan bola ke gawang dengan tendangan kaki kanan yang terukur.

Belanda menyempurnakan kemenangan pada masa injury time lewat gol Georginio Wijnaldum yang sempat mengecoh dua bek Jerman, Jerome Boateng dan Jonas Hector, sebelum melepaskan tembakan kaki kanan dari dalam kotak penalti.

Pelatih Timnas Jerman, Joachim Loew, mengaku tidak mengerti penyebab kegagalan timnya mencetak gol dalam beberapa pertandingan terakhir.

Jerman gagal mencetak gol saat dikalahkan Belanda 0-3 pada laga UEFA Nations League Liga A Grup 1. Hal ini membuat Jerman gagal mencetak gol pada tiga laga terakhir di kompetisi resmi.

Melihat fakta ini, Loew kebingungan untuk menjelaskannya. “Mengapa kami tidak mencetak gol? Itu adalah pertanyaan yang sulit untuk saya jawab,” kata Loew dikutip dari situs web Sky Sports.

Loew mengaku kecewa dengan hasil ini karena dua gol Belanda tercipta menjelang akhir laga. “Jika kami kalah 0-1 itu mungkin bisa diterima. Tetapi, kebobolan pada 10 menit terakhir sangat tidak baik untuk kami,” ucap Loew.

Loew kemudian juga mempermasalahkan mental bertanding anak asuhnya yang sangat lesu ketika kedudukan masih 0-1. “Kami bermain baik sampai kami kebobolan dan tidak menggunakan peluang yang didapat. Setelah kebobolan, anda bisa melihat dalam beberapa laga terakhir kami selalu tidak percaya diri,” tutur Loew.

Selanjutnya, Jerman akan berhadapan dengan juara dunia, Timnas Perancis di ajang UEFA Nations League, Rabu (17/10/2018) dini hari WIB. Laga ini berakhir imbang tanpa gol di pertemuan pertama yang berlangsung di Allianz Arena.

Lima Fakta Menarik Usai Laga Belanda vs Jerman:

1. Untuk pertama kalinya, Belanda berhasil menang dengan margin tiga gol atas Jerman setelah 16 tahun berlalu. Terakhir kali terjadi saat Belanda menang 3-1 di laga uji coba lawan Jerman pada tahun 2002.

2. Kekalahan dari Belanda memperpanjang catatan negatif Jerman di bawah asuhan Joachim Low sepanjang tahun 2018. Ini merupakan kekalahan kelima Jerman di semua ajang. Jadi yang terburuk sejak 33 tahun silam.

3. Turun sebagai starter di laga melawan Jerman, membuat Matthijs de Light (19 tahun) menjadi pemain ketiga termuda, yang bisa mencapai 10 caps di tim nasional senior Belanda.

4. Memphis Depay mencetak gol ke-12 untuk Belanda. Dia menjadi pemain termuda yang melakukannya (24 tahun 242 hari), sejak Patrick Kluivert pada 1998.

5. Mark Uth menjadi debutan ke-100 di Timnas Jerman di bawah kepemimpinan Loew.

6. Loew sudah melakoni 168 pertandingan bersama Timnas Jerman, melampaui rekor Sepp Herberger.

 

Belanda 3-0 Jerman (Virgil van Dijk 30′, Memphis Depay 87′, Georginio Wijnaldum 90+3′)

Susunan pemain Belanda versus Jerman:

Belanda (4-3-3): 1-Jasper Cillessen; 5-Daley Blind, 4-Virgil van Dijk, 2-Denzel Dumfries, 3-Matthijs de Ligt; 8-Georginio Wijnaldum, 6-Marten de Roon, 7-Frenkie de Jong (15-Nathan Ake 77′); 11-Ryan Babel (22-Arnaut Groeneveld 68′), 10-Memphis Depay, 9-Steven Bergwijn (20-Quincy Promes 68′)

Pelatih: Ronald Koeman

Jerman (4-1-4-1): 1-Manuel Neuer; 17-Jerome Boateng, 5-Mats Hummels, 4-Matthias Ginter, 3-Jonas Hector; 18-Joshua Kimmich; 8-Toni Kroos, 11-Emre Can (7-Julian Draxler 57′), 13-Thomas Mueller (19-Leroy Sane 57′), 9-Timo Werner; 23-Marc Uth (10-Julian Brandt 68′)

Pelatih: Joachim Loew

Wasit: Cuneyt Cakir (Turki)

#beritasepakbola #sepakbola #belandaVSjerman

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s