Napoli Raih Satu Poin Secara Dramatis Setelah Bombardir Gawang AS Roma

dries-mertens-asromaindocom

Napoli harus puas bermain imbang 1-1 setelah membombardir pertahanan AS Roma dalam laga pekan ke-10 Serie A Liga Italia 2018/2019 di Stadion San Paolo, Naples, pada Minggu (28/10/2018) atau Senin diri hari WIB.

Napoli nyaris gagal memetik poin setelah sempat tertinggal lebih dulu dari AS Roma sejak menit ke-14, Napoli akhirnya harus puas dengan torehan satu poin.

Bahkan, I Partenopei baru bisa menyamakan kedudukan saat laga telah menginjak menit ke-90. Ini merupakan hasil imbang pertama yang didapat Napoli di kancah Serie A musim ini.

Sepanjang babak pertama, kedua tim memiliki penguasaan bola yang terbilang sama kuat. Namun, Napoli mampu tampil lebih efektif dalam menciptakan peluang.

Dalam 45 menit pertama, Napoli mampu menciptakan 12 peluang yang 3 di antaranya tepat sasaran.

Sementara AS Roma hanya mampu melepaskan 5 tembakan yang 3 di antaranya on target.

Meski demikian, AS Roma yang hanya memiliki sedikit peluang justru mampu mencetak gol terlebih dahulu pada menit ke-14.

Napoli dikejutkan dengan gol cepat dari tim tamu. Gelandang AS Roma, Stephan El Sharawy, mampu menggetarkan gawang Napoli, yang dikawal David Ospina.

Umpan tiktok kerjasama di sayap kanan Roma antara Davide Santon, Edin Dzeko, dan Cengiz Under berakhir di depan gawang, tepat menuju Stephan El Shaarawy yang tidak terkawal.

Mantan gelandang serang AC Milan itu berhasil melepaskan tendangan terarah dari dalam kotak penalti setelah memanfaatkan operan bola dari Cengiz Under.

Sepakan mendatar El Shaarawy di depan gawang Napoli sempat membentur tiang gawang dan melewati garis gawang sebelum coba dibuang oleh bek Il Partenopei, Kalidou Koulibaly. Pasca-gol Shaarawy ini, Napoli terus berusaha untuk mencetak gol.

Berbagai peluang coba diciptakan oleh para penggawa I Partenopei. Bahkan, Napoli tercatat melepaskan 26 tembakan, lima terarah tepat ke gawang Roma, sembilan tembakan dihalau pemain bertahan Roma, dan 15 tembakan dari dalam kotak penalti. Namun, solidnya tembok pertahanan Roma terus menggagalkan peluang Napoli.

Bahkan AS Roma memiliki peluang untuk memperbesar keunggulan pada menit ke-35, andai saja sepakan Edin Dzeko ke gawang Napoli yang sudah ditinggalkan kiper David Ospina tidak diblok oleh Raul Albiol tepat di garis gawang.

Di sisi lain, peluang-peluang yang dimiliki Napoli pada babak pertama lebih banyak terbuang akibat akurasi yang tidak maksimal dan kesigapan kiper AS Roma, Robin Olsen, yang tampil hebat sepanjang pertandingan.

Pada babak kedua, penguasaan bola Napoli meningkat drastis dan berbanding lurus dengan penciptaan peluang.

Sepanjang 45 menit kedua, Napoli mendapatkan tambahan 14 peluang yang 2 di antaranya tepat sasaran.

Sementara AS Roma hanya mampu menciptakan 3 tambahan peluang dengan hanya satu di antaranya yang mengarah ke gawang Napoli.

Pada pertengahan pertandingan, Daniele De Rossi dan Kostas Manolas yang keduanya bermain apik harus ditarik ke bangku cadangan karena mengalami cedera. Mereka digantikan Bryan Cristante dan Federico Fazio.

Setelah itu, Napoli terus mengancam AS Roma melalui Mario Rui, Arkadiusz Milik, Lorenzo Insigne, Jose Callejon, dan Dries Mertens tetapi sebagian besar berakhir melenceng atau tidak cukup beruntung untuk bisa menaklukkan ketangguhan Robin Olsen.

Pada menit ke-73, penyerang Napoli, Jose Callejon, sebenarnya sempat mencetak gol pada menit ke-74. Namun, Callejon telah berada dalam posisi offside saat menerima umpan terobosan dari Dries Mertens.

Pada menit ke-82, Dries Mertens sempat membobol gawang AS Roma, tetapi gol tersebut dianulir wasit karena penyerang asal Belgia itu sudah terlebih dahulu berdiri di posisi offside.

Semua usaha tuan rumah akhirnya menemukan hasil pada menit ke-90. Mertens berhasil merobek gawang AS Roma.

Umpan silang Jose Callejon dari sisi kanan pertahanan AS Roma yang terpantul secara liar, sukses disambar Dries Mertens di mulut gawang untuk memecah kebuntuan Napoli pada laga ini.

Gol ini menjadi gol terakhir di laga tersebut sekaligus menghindarkan Napoli dari kekalahan ketiganya pada musim ini.

Sementara bagi AS Roma, hanya dengan tambahan satu peluang tepat sasaran yang mereka miliki pada babak kedua membuat mereka kesulitan untuk mempertahankan keunggulan atas Napoli.

Meski gagal memetik poin penuh, tidak berpengaruh pada posisi Napoli di klasemen sementara, tapi jarak antara I Partenopei dan pemuncak klasemen sementara, Juventus, kian jauh.

Dari 10 laga, Napoli telah mengumpulkan 22 poin. Sedangkan Juventus, yang mampu menang atas Empoli, 2-1, di laga lainnnya, makin kokoh dengan keunggulan enam poin dari Napoli. Bahkan, jika Inter Milan, yang duduk di peringkat ketiga, bisa menaklukkan Lazio di laga terakhir giornata kesepuluh, Senin (29/10) waktu setempat, maka raihan poin Napoli akan terkejar oleh Inter Milan. Hingga pekan kesembilan, Inter Milan mengantongi selisih dua poin dengan Napoli.

Tambahan satu poin dari pertandingan ini membuat Napoli mengoleksi 22 poin atau tertinggal 6 poin dari Juventus yang bertengger di puncak klasemen sementara Serie A Liga Italia.

Sementara bagi AS Roma, hasil ini mengangkat posisi mereka satu posisi menuju peringkat ke-8 klasemen dengan 15 poin atau sama dengan AC Milan, Fiorentina, Sampdoria, dan Sassuolo.

Susunan Pemain

Napoli: 25-David Ospina, 26-Kalidou Koulibaly, 33-Raul Albiol, 6-Mario Rui, 23-Elseid Hysaj (2-Kevin Malciut 70′), 17-Marek Hamsik (20-Piotr Zielinski 75′), 5-Allan Marques, 8-Fabian Ruiz, 7-Jose Callejon, 99-Arkadiusz Milik (14-Dries Mertens 56′), 24-Lorenzo Insigne

Pelatih: Carlo Ancelotti

AS Roma: 1-Robin Olsen, 5-Juan Jesus, 44-Kostas Manolas (20-Federico Fazio 75′), 11-Aleksandar Kolarov, 18-Davide Santon, 7-Lorenzo Pellegrini, 42-Steven N’Zonzi, 16-Daniele De Rossi (4-Bryan Cristante 44′), 92-Stephan El Shaarawy, 17-Cengiz Under (24-Alessandro Florenzi 65′), 9-Edin Dzeko

Pelatih: Eusebio Di Francesco

#beritasepakbola #sepakbola #ASRoma #Napoli #ElShaarawy #DriesMertens

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s