Mantap! AS Roma Kalahkan 10 Pemain CSKA Moscow: 1-2!

cska-roma-asromaindocom

AS Roma menang dramatis 2-1 atas CSKA Moscow dalam laga ke-4 Grup G Liga Champions 2018/2019, Rabu (7/11/2018) malam waktu setempat atau Kamis dini hari WIB, di Stadion Luzhniki, Moskow.

Diikutip dari laman resmi UEFA, CSKA Moscow mendominasi dengan 54% penguasaan bola. Mereka membikin 12 tembakan yang 6 di antaranya shoot on target.

Sementara AS Roma memiliki 6 tendangan mengarah ke gawang dari total 16 usaha shooting.

Tuan rumah melakukan satu perubahan dalam skuat intinya sejak bermain imbang kontra FC Dinamo Moscow di laga terakhir mereka. Jaka Bijol masuk menggantikan Alan Dzagoev di posisi lini tengah CSKA Moscow. Posisi penyerang masih dipercayakan kepada Fedor Chalov.

Sementara itu, AS Roma melakukan empat pergantian di skuat intinya. Davide Santon, Kostas Manolas, Bryan Cristante, dan Justin Kluivert turun sejak menit pertama menggantikan Daniele De Rossi, Cengiz Under dan Stephan El Shaarawy.

Sejak dimulainya babak pertama, AS Roma percaya diri untuk langsung membombardir pertahanan CSKA Moscow.

AS Roma pun membuat publik tuan rumah terhenyak setelah Kostas Manolas sukses menjebol gawang Igor Akinfeev, saat laga baru berlangsung empat menit.

Melalui sepak pojok yang diambil Lorenzo Pellegrini, bola kemudian diteruskan Manolas melalui sundulan kepalanya, bola sempat ditepis oleh Akinfeev namun melambung tak terjangkau ke dalam jala gawang CSKA Moscow.

Skor 0-1.

manolas-cska-asromaindocom.jpeg

Sejak saat itu kedua tim silih berganti saling serang, tetapi selalu mengalami kebuntuan di penyelesaian akhir.

Pertandingan sempat terhenti pada menit ke-9. Bek Rusia naturalisasi dari Brasil, Mario Fernandes dari kubu tuan rumah mengalami cedera dan harus ditarik keluar setelah berduel dengan Aleksandar Kolarov, dan kepalanya terkena lutut sang pemain Serbia. Georgy Schennikov masuk menggantikan Fernandes dan pertandingan berlanjut setelahnya.

CSKA Moskwa perlahan mulai sering menguasai bola, namun masih kesulitan menembus kotak penalti.

Pada menit 18, Nikola Vlasic melepaskan sepakan spekulasi dari luar kotak penalti, usai menerima umpan Fedor Chalov. Sayang, bola sepakannya masih melenceng ke kiri gawang dan hanya menghasilkan tendangan gawang.

Tuan rumah kembali mengancam pada menit 25. Kali ini Nikola Vlasic sukses mengirim umpan silang terukur ke area kotak penalti. Jaka Bijol sukses menyambutnya dengan tandukan terukur, namun kiper Robin Olsen masih dapat menangkisnya dengan baik.

Tiga menit berselang, Alessandro Florenzi memiliki kans bagus untuk mencetak gol. Memanfaatkan umpan dari Justin Kluivert, Florenzi melakukan sepakan lemah (seakan dia belum makan!) ke arah pojok kanan bawah gawang Igor Akinfeev. Tentu saja, bola dapat diamankan dengan sangat mudah oleh kiper internasional Rusia itu.

 

Pada menit ke-30 dan ke-31, Pellegrini dan Aleksandar Kolarov mencoba peruntungan guna memperlebar margin keunggulan. Hanya saja, tembakan mereka masih sanggup diamankan kiper lawan.

CSKA Moscow yang bertindak sebagai tuan rumah sebenarnya memberikan perlawanan sengit.

Mereka nyaris mendapatkan gol penyama kedudukan empat menit jelang turun minum, jika aksi Ivan Oblyakov tak teradang dengan baik oleh barisan pertahanan I Giallorossi.

Wasit Cuneyt Cakir meniup peluit berakhirnya babak pertama dan skor 0-1 bagi keunggulan AS Roma tak berubah.

Hingga babak pertama berakhir, AS Roma tetap mempertahankan keunggulannya. Tuan rumah sendiri memiliki 4 peluang yang 2 di antaranya mengarah ke sasaran serta 50% penguasaan bola. Sedang sang tamu memiliki 6 peluang yang 1 di antaranya berbuah gol.

Pada babak kedua, tuan rumah meningkatkan tempo permainan. Permainan cepat yang diperagakan skuat arahan Viktor Goncharenko berbuah manis di menit ke-51.

CSKA Moscow langsung menyentak dengan menciptakan gol balasan lewat kaki Arnor Sigurdsson, enam menit usai turun minum dia menerima umpan terobosan Ilzat Akhmetov di kotak penalti. Melalui bola liar yang tidak mampu dibuang dengan sempurna oleh Davide Santon, Sigurdsson sukses mengirimkan bola ke pojok kiri gawang Robin Olsen.

cska-gol-asromaindocom

Sayangnya euforia suporter CSKA Moscow tak berlangsung lama, perjuangan tim berjuluk Koni untuk mengejar keunggulan semakin berat setelah harus bermain dengan 10 pemain di menit ke-56. Bjorgvin Magnusson harus keluar lapangan usai melanggar keras Justin Kluivert yang hanya tinggal berhadapan one-on-one dengan kiper.

Skuat arahan Eusebio Di Francesco langsung bereaksi cepat, empat menit setelah gol Sigurdsson, Pellegrini sukses menggetarkan gawang Akinfeev. Roma pun kembali memimpin.

Pellegrini yang dilanggar oleh Magnusson menjadi aktor kebangkitan Serigala Roma melalui lesakannya pada menit ke-59, memanfaatkan assist Edin Dzeko.

lorenzo-cska-asromaindocom.jpeg

Operan Bryan Cristante terdefleksi Edin Dzeko dan jatuh ke penguasaan Lorenzo Pellegrini, di mana para pemain CSKA menganggap sang pemain berada dalam posisi offside.

Gol disahkan oleh wasit. Skor 1-2.

Pellegrini kemudian digantikan Nicolo Zaniolo pada menit ke-82, dan Roma mengakhiri pertandingan dengan relatif mudah. Zaniolo sempat hampir mencetak gol di menit akhir pertandingan, dia memang hebat dalam menjaga bola tetap dalam pengusaannya (lengket banget!).

Pertandingan pun berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan AS Roma.

Hasil Pertandingan CSKA Moscow vs AS Roma di Liga Champions 2018/2019

CSKA Moscow 1-2 AS Roma (Arnor Sigurdsson 51′; Kostas Manolas 4′, Lorenzo Pellegrini 59′)

Susunan Pemain CSKA Moscow vs AS Roma di Liga Champions 2018/2019

CSKA Moscow (4-2-3-1): 35-Igor Akinfeev; 2-Mario Fernandes (42-Georgi Shchennikov 12′), 14-Kirill Nababkin, 50-Rodrigo Becao, 23-Hoerdur Magnusson; 77-Ilzat Akhmetov (80-Khetag Khosonov 76′), 29-Jaka Bijol; 98-Ivan Oblyakov, 17-Arnor Sigurdsson (3-Nikita Chernov 64′), 8-Nikola Vlasic; 9-Fedor Chalov.

Pelatih: Viktor Goncharenko.

AS Roma (4-2-3-1): 1-Robin Olsen; 11-Aleksandar Kolarov, 20-Federico Fazio, 44-Kostas Manolas, 18-Davide Santon; 42-Steven Nzonzi, 4-Bryan Cristante; 34-Justin Kluivert (17-Cengiz Under 70′), 7-Lorenzo Pellegrini (22-Nicolo Zaniolo 82′), 24-Alessandro Florenzi (5-Juan Jesus 88′); 9-Edin Dzeko.

Pelatih: Eusebio Di Francesco.

Wasit: Cuneyt Cakir.

#beritasepakbola #sepakbola #ASRoma #CSKAmoscow #ChampionsLeague

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s