Matteo Politano, Bintang Tim Nasional Italia yang Dibuang oleh AS Roma

matteo-politano-asromaindocom

Publik Italia serta penggemar tim nasional Italia (Gli Azzurri) saat ini sepertinya sedang dilanda demam Matteo Politano.

Pemain berusia 25 tahun tersebut mampu menjadi penyelamat bagi Gli Azzurri, ketika Italia nyaris saja ditahan imbang oleh Amerika Serikat, ketika mereka bermain di Stadion Crystal Arena.

Matteo Politano berhasil mencetak gol dramatis ketika pertandingan babak kedua hanya tinggal menyisakan waktu beberapa detik.

Berperan sebagai penggerak motor serangan Italia di menit-menit akhir tambahan waktu babak kedua, Matteo langsung memberikan operan pendek untuk Marco Verratti, rekan setimnya di Italia itu langsung memberikan operan kembali untuk Roberto Gagliardini yang sudah berada di dalam kotak penalti.

Kerja sama apik yang berawal dari ketiganya, akhirnya berhasil dimaksimalkan menjadi gol oleh Politano usai dirinya mendapatkan operan di dalam kotak penalti dari Gagliardini.

Politano sukses memberdayai para pemain bertahan termasuk penjaga gawang tim nasional Amerika Serikat. Tak lama setelah gol tersebut tercipta, wasit pun membunyikan peluit tanda berakhirnya pertandingan babak kedua.

Italia berhasil memenangkan pertandingan dengan skor tipis 1-0. Dramatis!

Matteo Politano merupakan pesepakbola yang lahir di kota Roma pada 3 Agustus 1993 yang bisa bermain sebagai winger serta penyerang.

Ia mengawali karier sepakbola juniornya bersama dengan AS Roma. Bersama tim junior AS Roma, Politano mampu memenangkan “Allievi” Liga U-17 pada tahun 2010. Tak hanya itu, ia juga sukses menorehkan gelar juara lainnya untuk tim junior AS Roma dengan menjuarai Campionato Nazionale Primavera (2011) dan Coppa Italia Primavera (2012).

Di musim 2011/12, ia tercatat menjadi pencetak gol terbanyak keenam di skuat junior AS Roma dengan torehan 7 gol, di bawah Junior Tallo, Nicolás López, Gianluca Leonardi, Federico Viviani dan Giammario Piscitella.

Sayangnya pada 30 Juni 2013, AS Roma memilih untuk menjualnya ke Pescara dengan banderol senilai 500 ribu euro. Saat itu diketahui juga, AS Roma memiliki opsi pembelian kembali untuk pemainnya.

Di tahun 2015, ia pun akhirnya kembali dibeli oleh AS Roma dengan menyertakan sosok Gianluca Caprari yang saat itu jadi bagian kesepakatan dalam pembelian kembali Matteo Politano.

Namun AS Roma memilih untuk menjual langsung pemainnya ini ke Sassuolo, lagi-lagi dengan opsi pembelian kembali di masa depan. Bermain bersama Sassuolo, pemain ini dinilai telah banyak mengalami peningkatan. Total 96 pertandingan telah ia lalui bersama Sassuolo dengan sumbangan 20 gol di semua ajang.

Di bursa transfer musim panas 2018 kemarin, Inter Milan memilih untuk meminjam Politano dari Sassuolo dengan nilai transfer sebesar 5 juta euro selama satu musim.

Peminjaman itu pun disetujui oleh Sassuolo yang dinilai sedang membutuhkan dana besar untuk menstabilkan keuangan mereka, serta ingin membeli pemain baru lainnya. Inter Milan juga memiliki opsi pembelian secara permanen untuk Politano di akhir musim nanti.

Sedangkan karier sang pemain di level internasional bisa dikatakan cukup berpengalaman.

Politano sudah tercatat bermain untuk tim nasional U-19, U-20 serta U-21 Italia.

Pada 5 November 2016, namanya dipanggil untuk ikut serta sebagai bagian dari skuat tim nasional senior Italia untuk menjalani pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018. Ketika itu, Italia masih dilatih oleh sosok Gian Piero Ventura.

Meski begitu, debutnya bersama tim nasional senior Italia baru terjadi pada 28 Mei 2018, saat Italia dilatih oleh Roberto Mancini.

#beritasepakbola #sepakbola #ASRoma #MatteoPolitano

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s