Bek Tangguh Chelsea Mengakui Bahwa Pindah ke AS Roma Adalah Langkah Terbesar Dalam Kariernya!

antonio-rudiger-as-roma-indonesia

Antonio Rüdiger menyebut keputusannya pindah ke Italia dan bergabung dengan AS Roma adalah keputusan terbaiknya.

Di sana, ia berkembang menjadi salah satu bek tertangguh di dunia.

Rüdiger didatangkan AS Roma pada musim 2015/2016 dengan status pinjaman dari klub Bundesliga, VfB Stuttgart.

Tampil apik di ibukota Italia, Rüdiger langsung dipermanenkan oleh AS Roma di akhir musim.

Tak lama berselang, ia diboyong oleh Antonio Conte untuk pindah ke Chelsea FC semusim kemudian. Dengan mahar 29 juta Poundsterling, Rüdiger menjadi salah satu gerbong pemain yang dibawa oleh Conte.

“Pergi ke Italia (bersama AS Roma) adalah langkah terbesar dalam karier saya. Saya belajar banyak soal cara bertahan di sana,” ungkapnya dikutip dari laman resmi Chelsea.

Pemain berusia 25 tahun ini menjadi salah satu kunci permainan Maurizio Sarri. Posisinya sebagai bek tak lantas membuat dirinya minim kontribusi ketika timnya menyerang.

Berdasarkan statistik yang dihimpun Football London, Rüdiger berada di peringkat ketiga daftar pemain yang paling banyak melepaskan umpan dengan 986 umpan. Ia berada di bawah rekan setimnya, Jorginho (1.186) dan bek Manchester City, Aymeric Laporte (1.065).

“Sebelumnya, ketika masih bermain di Jerman, saya hanya menggunakan kekuatan saya, tetapi sedikit sekali menggunakan otak,” tambahnya.

Dengan gaya bermain Sarri yang membutuhkan intensitas tinggi, keberadaan pemain berkebangsaan Jerman ini di lini belakang Chelsea adalah berkah tersendiri.

Ketika masih berseragam Giallorossi, Rüdiger sering dijadikan bek kanan karena ia memiliki visi bermain yang lebih menyerang dan kemampuan melepaskan umpan yang lebih baik dibandingkan bek lainnya.

Rudiger menyebut bahwa pengalaman bermain di AS Roma membuatnya bisa cocok bermain di bawah komando pelatih Maurizio Sarri.

Antonio Ruediger menjelma menjadi garda sentral lini belakang andalan Chelsea semenjak kedatangan pelatih Maurizio Sarri musim ini.

Berduet dengan David Luiz, Antonio Ruediger menciptakan benteng pertahanan Chelsea paling kukuh hingga Liga Primer Inggris telah mencapai pekan ke-12 musim 2018-2019.

Chelsea dan Manchester City hanya kemasukan gol lima kali atau yang paling sedikit di antara semua kontestan Liga Primer Inggris.

Namun, fakta bahwa Antonio Rudiger menjadi pengumpan ketiga terbaik di Liga Primer Inggris hingga saat ini ini adalah fenomena lain.

Sang pemain asal Jerman itu pun mengaku bahwa dua tahun bermain AS Roma (2015-2017) tak hanya menjadikan ia seorang bek tangguh, tetapi juga sebagai pengumpan andal.

Pengalaman bermain di Serie A Liga Italia bersama AS Roma itulah yang membuat defender 25 tahun berkebangsaan Jerman padu dengan strategi bermain Maurizio Sarri yang disebut Sarriball.

Serangan The Blues, yang dibangun sejak sepak mula dilakukan, diawali dengan umpan panjang yang dilepaskan Ruediger atau Luiz ke area sayap.

Kemudian, penyerang sayap dengan kemampuan dribel mumpuni seperti Eden Hazard atau Willian akan memberikan penetrasi.

Sementara pada waktu yang bersamaan, duo fullback Marcos Alonso dan Cesar Azpilicueta akan maju untuk mengekspansi area pertahanan lawan sekaligus menjadi backup bagi penyerang sayap.

Lalu seluruh pemain Chelsea akan menerapkan garis pertahanan tinggi di area lawan, dengan jarak maksimal 15 meter antara pemain bertahan dan pemain serang.

Pola serangan seperti itu mustahil diterapkan dengan baik jika Ruediger tak memiliki rerata akurasi umpan sebesar 91,7 persen di Liga Primer Inggris menurut WhoScored.

#beritasepakbola #sepakbola #ASRoma #AntonioRudiger #ChelseaFC

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s