10 Hal yang Patut Diketahui Tentang Gianluca Mancini

gianluca-mancini-as-roma

Ketahui lebih banyak tentang sosok bek baru AS Roma di mercato musim panas ini, Gianluca Mancini…

1. Gianluca Mancini lahir di Pontedera pada 17 April 1996, besar di dekat Montopoli – terletak di antara Florence dan Pisa. Keluarga Mancini relatif terkenal di daerah tersebut, dengan bisnis pertanian apel.

2. Pada tahun 2003 Mancini membuat langkah nyata pertamanya di sepak bola, ketika bakatnya ditangani pelatih tim lokal. Kemudian baru berusia tujuh tahun, pelatih Valdarno Calcio bertanya kepada ayah Mancini mengapa Gianluca tidak memainkan sepak bola dengan lebih serius,

Sang ayah sempat menyebut anaknya terlalu kecil, tetapi pelatih tersebut tidak setuju: “Entah Anda membawanya ke tim saya atau saya yang akan membawanya sendiri. Anak ini perlu bermain sepak bola.” Sejak saat itu Mancini selalu bermain sepak bola, bahkan latihan menendang di dekat tembok bisnis keluarganya.

3. Mancini berkembang dengan cepat dan bakatnya segera ditemukan oleh Fiorentina, yang membawanya ke akademi. Mancini pun tembus tim Primavera bersama La Viola; beralih dari seorang gelandang tengah menjadi pemain bertahan dalam proses saat ia berkembang, baik secara teknis maupun taktik.

Secara total ia menghabiskan sembilan tahun bersama klub, memenangkan gelar nasional dengan U-15 selama rentang waktu itu.

4. Saat bermain untuk Primavera Fiorentina, Mancini mulai menarik perhatian tim utama, dengan pelatih Vincenzo Montella memanggilnya untuk berlatih bersama tim senior pada sejumlah kesempatan. Pada musim panas 2014, Mancini bermain bersama tim senior dalam laga uji coba kontra Malaga, dan kemudian masuk tim di Liga Europa pada musim tersebut.

5. Pada musim panas berikutnya tiba saatnya bagi Mancini untuk mendapatkan pengalaman dalam sepak bola profesional di tempat lain – Perugia memberikan kesempatan kepadanya dengan status pinjaman. Tujuannya membantu pemain berkembang di Serie B.

Kepindahan seperti ini tak pernah mudah untuk pemain muda. Tapi Perugia percaya kepadanya dan saat musim itu berlangsung, ia bahkan bermain pada sebelas pertandingan berturut-turut. Perkembangannya pesat, sehingga meyakinkan Perugia untuk mempermanenkan statusnya. Musim berikutnya Mancini bermain 15 kali dan mencetak dua gol. Atalanta pun meminangnya pada tengah musim, meski kembali dipinjamkan ke Perugia sampai akhir musim.
6. Musim berikutnya jadi momen penting dalam karier Mancini: debut di Serie A pada bulan September 2017, plus gol perdana datang pada Februari 2018. Secara total pada musim tersebut, ia membuat 11 penampilan.

Musim selanjutnya ia membuat 30 penampilan di bawah asuhan pelatih Gian Piero Gasperini, juga membuat sejumlah penampilan di Liga Europa.

7. Selama Serie A 2018-19 musim yang berjalan fantastis buatnya, Mancini mencetak lima gol – hanya Aleksandar Kolarov (delapan gol), pemain yang bermain di lini belakang dengan gol lebih banyak dari Mancini.

8. Memiliki tubuh tnggi, kemampuan Mancini ada di duel udara plus memiliki kecepatan dan teknik tinggi. Sosok penting buat tim Italia pada Piala Eropa U-21 musim panas ini (tampil sebanyak 13 kali untuk tim ini). Mancini juga sudah dipercaya bermain untuk tim nasional senior. Kini telah mengantongi dua penampilan bersama pelatih, Roberto Mancini, sama-sama Mancini tapi tidak ada hubungan keluarga.

9. Mancini menganggap Marco Materazzi sebagai salah satu idolanya di sepak bola. Oleh karena itulah, ia menggunakan nomor punggung 23 selama kariernya (juga di Perugia dan Atalanta). Dia juga menjadikan nomor 23 sebagai tato di tubuhnya.

“Saya selalu mengagumi karakter dan semangat juang Marco,” kata Mancini. “Dia adalah salah satu pemain yang selalu menatap mata Anda bahkan ketika segalanya berjalan buruk. Dia menginspirasi rekan satu timnya, Anda selalu bisa mengatakan itu. ”

10. Mancini aktif di Instagram – dia bisa diikuti di @gianlumancio_23.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s