[LIBAS – AnaLIsa Before-match Ala ASRomaIndo] AS Roma vs Borussia Monchengladbach: Akankah Giallorossi Meneruskan Tren Kemenangan di Kandang Pada Level Eropa?

as-roma-2019

Waktu: Kamis, 24 Oktober 2019 pukul 23.55 WIB

Venue: Stadio Olimpico, Roma

Cara Menonton: Nontonbal

AS Roma harus kembali berjibaku di tingkat Eropa setelah meraih hasil yang kurang meyakinkan di tanah Italia. Akankah Giallorossi mampu meneruskan tren kemenangan di kandang pada level Eropa di tengah badai cedera pemain?

AS Roma memiliki target tinggi di kompetisi Liga Eropa musim ini, dengan membidik sebuah tempat di partai final Liga Eropa 2019/2020 yang dijadwalkan diadakan di Stadion Energa Gdańsk di Gdańsk, Polandia.

Demi tercapainya target ambisius tersebut, tentunya Giallorossi harus bisa lolos dari babak kualifikasi grup.

Boss AS Roma, Paulo Fonseca kemarin malam merilis daftar 19 pemain yang akan ditugaskan pada laga malam ini melawan Borussia Mönchengladbach.

Bek sayap pelapis, Davide Santon terpaksa harus menepi karena tengah mengalami sakit demam (apakah dia tertular oleh Alessandro Florenzi yang baru-baru ini terjangkit virus Influenza dan juga berposisi sama-sama sebagai bek sayap sehingga kemungkinan tertular semakin besar karena lebih sering berlatih bersama?): sehingga Santon menambah deretan nama pemain Giallorossi yang harus absen.

Penjaga Gawang: Pau Lopez, Mirante, Cardinali

Bek: Juan Jesus, Smalling, Kolarov, Fazio, Mancini, Florenzi, Spinazzola, Calafiori

Gelandang: Veretout, Zaniolo, Pastore, Riccardi

Penyerang: Perotti, Dzeko, Antonucci, Kluivert

 

Pada konferensi pers pra-laga kemarin malam, Fonseca telah mengungkapkan bahwa Javier Pastore tidak akan dimainkan sejak menit awal (sama seperti pada laga melawan Sampdoria di mana dia baru dipaksa masuk karena Bryan Cristante mengalami cedera ketika laga baru berlangsung 5 menit), karena sang pelatih masih belum begitu yakin dengan level fitness sang playmaker asal Argentina.

Takutnya apabila dimainkan, langsung cedera lagi, ya kan.

Namun, apabila mengingat kondisi gelandang Giallorossi yang sangat terbatas karena badai cedera, ada kemungkinan dia akan dipaksa bermain sebagai starter untuk mengisi posisi deep-lying playmaker yang ditinggalkan oleh Amadou Diawara, sedangkan Jordan Veretout akan digeser mundur sebagai gelandang jangkar yang ditinggalkan oleh Bryan Cristante.

Fonseca pun mengakui bahwa sepanjang kariernya sebagai pelatih, dia tidak pernah mengalami badai cedera beruntun seperti yang dia alami saat ini di AS Roma.

ASRomaIndo sendiri semakin percaya bahwa mungkin pihak manajemen harus mempertimbangkan untuk melakukan ritual exorcism atau dalam istilah Indonesia dikenal dengan ritual syukuran atau selamatan untuk membuang energi jahat yang ada di lingkungan Trigoria.

Bukan tanpa alasan, ASRomaIndo pernah mendengar dari suatu sumber bahwa lahan Trigoria dulunya adalah lahan pemakaman umum yang digusur untuk dijadikan area latihan AS Roma (entah benar atau tidak).

Fonseca mengakui bahwa AS Roma sulit untuk mengembangkan permainan dan kekompakan apabila badai cedera terus menghantui para pemain intinya. Menurutnya, sangat sulit mencapai level permainan yang dia inginkan apabila satu persatu pemainnya terus tertimpa nasib buruk.

Sangat sulit untuk memasang line-up skuad starting-eleven yang konsisten dengan kondisi ini, tambahnya.

Namun, uniknya partai ini bisa dibilang adalah laga dari dua tim yang bernasib sial.

Mari kita lihat bahwa AS Roma dan Mönchengladbach sama-sama mendapati 6-7 pemainnya sedang dalam cedera.

ASRomaIndo sendiri berpendapat bahwa Giallorossi akan menang dengan skor 1-0 atau 2-1, dengan catatan bahwa Edin Dzeko maupun para winger (Kluivert / Zaniolo) bisa mengeluarkan kemampuan terbaik mereka untuk melakukan shooting lebih banyak ke gawang lawan.

Apabila mereka lini serang tidak fokus untuk lebih banyak melakukan tendangan ke gawang, maka kita akan melihat skema permainan yang sama seperti 2 laga terakhir AS Roma di liga: mendapatkan ball-possession tinggi (lebih dari 65%) namun kurang menggigit dalam mengancam gawang lawan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s