Nilai Rapor Pemain AS Roma di Seperempat Musim 2019/2020: Siapa Pemain dengan Nilai Rapor Tertinggi?

chris-smalling-as-roma

AS Roma telah memainkan 11 giornata Serie A dengan catatan yang dibukukan: 6 kemenangan, 4 seri, 1 kalah – menempatkan Giallorossi dalam zona Liga Champions dan peringkat ke-3 dengan 22 poin dan “hanya” 7 poin di belakang capolista, Juventus.

Dengan telah berlalunya seperempat musim kalender, berikut ini adalah nilai rapor dari para punggawa Paulo Fonseca yang telah bermain sedikitnya 5x di Serie A.

PENJAGA GAWANG

Pau Lopez – 8
Pemain asal Spanyol membukukan 3x clean sheet di liga sejauh ini, dan memainkan seluruh menit laga AS Roma di Serie A. Sosok Pau telah menghapus mimpi buruk para fans dari Robin Olsen pada musim lalu, dan dia telah menjadi sosok penting bagi awal rancangan permainan AS Roma di lini belakang. Selain itu, kemampuannya menepis tendangan striker dengan “terlihat” mudah tanpa grasak-grusuk mengingatkan kita pada Alisson Becker – seorang kiper yang memiliki insting positioning dan penempatan posisi berdiri yang sangat baik.

PEMAIN BERTAHAN

Davide Santon – 6
Santon kebanyakan muncul dari bangku cadangan, dan tampil dengan lumayan dan bersemangat ketika ditarik masuk ke lapangan hijau. Eks pemain Inter yang sempat disebut titisan Paolo Maldini ketika masih remaja, hanya bermain sebagai starter 1x pada laga melawan Udinese: sebuah laga yang dia mainkan dengan baik.

Alessandro Florenzi – 5.5
Berbicara performa permainan, Florenzi bermain dengan buruk musim ini, terutama dari aspek bertahan. Sisi positifnya, sejak dia rutin dibangkucadangkan oleh Fonseca, Florenzi tidak pernah mengeluh dan tidak pernah berbuat gaduh, dan terus mendukung tim Giallorossi dari hatinya – yang menunjukkan betapa “laki” jiwa Florenzi.

Leonardo Spinazzola – 7
Walaupun awalnya diplot sebagai bek sayap kiri untuk bersaing dengan Kolarov, Spina malah menjadi pilihan utama di pos bek sayap kanan. Spinazzola adalah sosok bek sayap yang lebih seimbang, mampu bertahan dan mampu menyerang dengan baik.

Aleksandar Kolarov – 6.5
Dengan 4 gol yang dicetaknya, dia adalah top skor ke-2 AS Roma di bawah Edin Dzeko! Kolarov mungkin bukan bek dengan kemampuan bertahan mumpuni – terbukti pada laga melawan Napoli, dia tidak mampu menutup pergerakan Hirving Lozano yang berhasil membukukan assist bagi Arkadius Milik – namun dia adalah sosok penting dalam skema penyerangan tim.

Chris Smalling – 9
Mungkin banyak orang yang akan berargumen apabila kita mengklaim bahwa Smalling adalah bek terbaik di Serie A sejauh ini. Pemain berusia 29 tahun telah menjadi sosok tak tergantikan bagi Giallorossi – yang tengah berusaha keras untuk menjadikan Smalling sebagai pemain permanen AS Roma.

Gianluca Mancini – 8.5
Kata sederhana tidak cukup untuk menggambarkan eks bek Atalanta. Pemain muda berusia 23 tahun tidak hanya terus tumbuh secara bermain pada 2 posisi berbeda – di lini tengah dan lini bertahan – namun dia semakin ahli dalam memainkan possession-ball ala Fonseca dengan 89% akurasi passing, serta memenangkan 56% duelnya.

Federico Fazio – 6
Bek berusia 32 tahun nyatanya tidak begitu terganggu dengan gaya bermain Fonseca yang menggunakan taktik high-line (posisi garis sejajar bek yang dipaksa sedekat mungkin ke area pertahanan lawan). Saat ini mungkin dia adalah bek pilihan ke-3 setelah Smalling-Mancini, namun Fazio tetap menunjukkan performa yang matang ketika ditugaskan.

GELANDANG

Bryan Cristante – 6
Gelandang asal Italia masih terus beradaptasi pada peran terbarunya: gelandang jangkar. Dengan kemunculan dadakan Mancini sebagai gelandang jangkar, patut dilihat bagaimana Fonseca akan memanfaatkan skillset Cristante apabila dia telah pulih dari cederanya (yang dijadwalkan baru pulih pertengahan Januari).

Jordan Veretout – 8
Akhirnya! AS Roma menemukan kembali sosok seorang gelandang energik dengan work-rate yang tinggi, yang telah hilang sejak proses pengusiran Radja Nainggolan oleh Monchi. Veretout telah menjadi sosok kunci bagi skema 2-gelandang kesukaan Fonseca, dan terus rutin menjadi starter.

Lorenzo Pellegrini – 7
Pellegrini mengalami cedera pada waktu yang tidak tepat. Lorenzo telah membukukan keberhasilan key-pass tertinggi kedua di Serie A (3.3) dan membukukan 4 assist. Namun, permainan yang masih angin-anginan terkadang membuat keberadaan Pellegrini di atas lapangan antara ada dan tidak. Skor 7 layak untuknya.

Javier Pastore – 7
Pemain asal Argentina seolah terlahir kembali di Roma pada bulan Oktober. Pastore seakan menjadi sosok penyelamat di tengah krisis cedera gelandang, dan bermain apik pada laga penting melawan AC Milan, Udinese, & Napoli. Namun sebelum ketiga laga tersebut, penampilannya biasa saja, sehingga skor 7 mungkin pas.

PENYERANG

Edin Dzeko – 8
Pemain asal Bosnia telah mengubur dalam-dalam musim buruknya musim lalu- sebuah musim di mana dia terus dicemooh para fans yang membuatnya sakit hati dan hampir pindah ke Inter Milan. Roma #9 semakin terlihat termotivasi musim ini, apalagi setelah dia rutin mengenakan ban kapten menggantikan Florenzi yang dibangkucadangkan. Dzeko mungkin belum rutin mencetak gol, namun dia adalah penyerang yang tidak segan turun ke belakang untuk membantu membangun serangan.

Nicolo Zaniolo – 8.5
Mutiara muda AS Roma bermain dengan sangat mumpuni, terutama pada 2 minggu terakhir paska kritikan pedas dari Fabio Capello. Zaniolo bermain baik di peran winger kanan – sebuah posisi yang dia sangat kesulitan musim lalu – dan membukukan 4 gol pada 4 laga terakhir AS Roma.

Justin Kluivert – 7.5
Pemain muda asal Belanda keturunan Suriname (dan katanya memiliki nenek moyang dari Jawa), adalah pemain muda yang berhasil diasah oleh tim pelatih Fonseca. Kluivert terlihat lebih matang di musim ini dibandingkan musim lalu di bawah asuhan Eusebio Di Francesco. Dan saat ini mungkin Fonseca sedang sakit kepala demi memikirkan siapa winger yang akan dia jadikan starter: Kluivert, atau Cengiz Under?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s