Francesco Totti Semakin Dekat untuk Menjadi Agen Federico Chiesa: Apakah Membuka Kemungkinan Dijual ke AS Roma?

federico-chiesa-fiorentina

Francesco Totti semakin siap dan semakin nyata untuk memulai karier sebagai seorang agen pemain sepakbola.

Majalah Italia, Chi melaporkan bahwa eks Il Capitano AS Roma semakin dekat untuk menjadi agen dari striker Fiorentina, Federico Chiesa. Diisukan bahwa Chiesa sudah berkata “Ya” untuk menjadi klien pertama Totti.

Kabar ini muncul tak lama setelah Totti memulai kontak pula dengan bintang muda Inter Milan, Sebastiano Esposito. Pemain muda berusia 17 tahun telah diserahi peran penting oleh Antonio Conte, dan sepertinya akan pula menjadi salah satu klien pertama Totti.

Namun, sepertinya Federico Chiesa-lah yang lebih dekat pada Totti. Penyerang La Viola tersebut selama ini hanya diageni oleh ayah kandungnya, yang juga salah seorang legenda Italia: ENRICO CHIESA yang bermain pada era 1990-an hingga awal 2000-an.

Era 1990-an barangkali pantas disebut sebagai momen di mana Italia memiliki segudang attacante (penyerang) dengan kualitas nomor wahid di seantero penjuru Bumi. Penggemar sepakbola mana yang tak kenal dengan sosok macam Roberto Baggio, Alessandro Del Piero, Filippo Inzaghi, Vincenzo Montella, Christian Vieri, hingga Gianluca Vialli.

Di luar keenam figur tersebut, juga terselip bakat hebat dalam diri Enrico Chiesa. Kebanjiran predator-predator andal membuat para pelatih Gli Azzurri pusing tujuh keliling untuk memilih attacante yang bakal diboyong bertarung di Piala Dunia maupun Piala Eropa.

Dari sekian nama di atas, jalan karier Enrico Chiesa mungkin salah satu yang paling unik. Sesaknya lini depan Italia pada tahun 1990-an, membuat ia baru mencicipi debut bersama tim nasional pada Mei 1996 atau saat usianya telah mencapai 25 tahun.

Di level klub, Enrico Chiesa mulai dikenal ketika bermain untuk Sampdoria dan AC Parma.

Walaupun awal kariernya terkesan naik-turun, ajaibnya performa Chiesa pada musim 1995/1996 bersama Sampdoria sangat menakjubkan. Chiesa sukses mencetak 22 gol yang menempatkannya sebagai pencetak gol terbanyak (Capocannoniere) ketiga di Serie A sekaligus top skor klub.

Berkat serentetan performa apik itulah Chiesa kemudian mendapat panggilan dari Arrigo Sacchi untuk mengenakan jersey Gli Azzurri plus dibawa ke ajang Piala Eropa 1996.

Bersamaan dengan itu, klub yang sedang naik daun di kancah Serie A, Parma datang membawa segepok uang guna mencomot Chiesa dari Sampdoria. Tawaran senilai 25 juta Lira menjadi nominal yang sulit ditolak manajemen I Blucerchiati. Chiesa pun secara resmi dilepas ke Stadion Ennio Tardini per musim 1996/1997.

Merumput bareng I Gialloblu nyatanya bikin karier Chiesa semakin mentereng. Meski tak mampu membawa tim yang dibelanya menggenggam titel Scudetto, Chiesa adalah bagian integral dari zaman keemasan Parma di pengujung 1990-an kala merengkuh titel Piala UEFA, Piala Italia, dan Piala Super Italia di musim 1998/1999.

Duetnya bareng penyerang tajam Argentina, Hernan Crespo, disebut-sebut sebagai yang terbaik dalam sejarah Parma sekaligus salah satu yang paling hebat di abad ke-20.

Parma pun saat itu masih diperkuat oleh nama-nama top seperti Gianluigi Buffon, Lilian Thuram, Nestor Sensini, Juan Sebastian Veron, Stefano Viore, dan Abel Balbo. Wow!

Usai berpetualang dengan Parma, Chiesa menyambut tawaran Fiorentina pada awal musim 1999/2000. Perekrutan Chiesa yang menghabiskan dana sekitar 30 juta Lira menjadi langkah manajemen La Viola untuk menahan kepergian sang bintang andalan, Gabriel Batistuta (meski akhirnya pemain Argentina tersebut hengkang di musim panas 2000 ke AS Roma).

Performa yang ditunjukkan Chiesa selama berseragam ungu tak kalah dengan masa-masa jayanya di Parma. Ia berperan sebagai mesin gol Fiorentina guna mencetak prestasi, salah satunya tentu titel Piala Italia di musim 2000/2001.

Enrico Chiesa secara keseluruhan bermain di 517 laga profesional bersama 11 klub berbeda, serta menjebol gawang lawan sebanyak 190 kali!

Meski sudah cukup lama menarik diri dari lapangan hijau, nama besar Chiesa tetap menyeruak di kancah sepak bola Italia. Pasalnya, Federico Chiesa yang juga putranya kini semakin sering dibicarakan pencinta Serie A karena bakatnya yang sangat menawan.

Tak heran bila sejumlah klub top Eropa siap membajaknya dari Fiorentina.

Siapa yang bisa menduga jika sang anak nantinya bakal mengikuti jejah sang ayah dengan memiliki karier cemerlang sebagai pesepak bola, dengan Francesco Totti menjadi agennya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s